Megawati Resmi Usung Ganjar dan Gibran Pada Pemilu 2024 Adalah Hoaks!


Unggahan di media sosial memuat narasi bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka resmi diusung pada Pemilu 2024. Berdasarkan narasi tersebut, pencalonan Ganjar dan Gibran telah ditetapkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut tidak benar atau hoaks. Narasi yang beredar Narasi bahwa Megawati telah menetapkan Ganjar dan Gibran sebagai calon presiden-calon wakil presiden muncul di Facebook.

Narasi yang beredar Narasi bahwa Megawati telah menetapkan Ganjar dan Gibran sebagai calon presiden-calon wakil presiden muncul di Facebook, salah satunya dibagikan oleh akun ini. Akun tersebut membagikan sebuah video berdurasi 8 menit 31 detik pada 14 Januari 2023 dengan judul: SAH! MEGA USUNG GIBRAN-GANJAR 2024, KEPUTUSAN PDIP BIKIN LAWAN POLITIK KETAR-KETIR Pada thumbnail video tersebut terdapat gambar Ganjar dan Gibran bersalaman. Ada pula Megawati dan Puan Maharani. Selain itu juga terdapat teks: SAH DUET MAUT GIBRAN-GANJAR KEPUTUSAN MEGA BIKIN LAWA POLITIK KETAR-KETIR.

Berdasarkan penelusuran, dalam video itu tidak terdapat fakta bahwa Megawati telah menetapkan Ganjar dan Gibran sebagai pasangan calon yang diusung PDI-P. Salah satu klip dalam video tersebut justru menampilkan momen ketika Jokowi mengatakan bahwa sosok pemimpin yang memikirkan rakyat mempunyai kerutan di wajah dan berambut putih.

 

Posting Komentar

0 Komentar