Ganjar Pranowo! Nama yang Telah Terpatri di Dalam Hati Relawan Jokowi!


 “Seorang pemimpin sama seperti cahaya lilin, memberi penerangan bagi mereka yang berada di kegelapan dan menjadi panutan pada semua orang yang dipimpinnya, serta setiap saat rela berkorban untuk penerangan itu sendiri.”

Ku ambil kutipan tersebut dari “Kisah Lilin dan Pemimpin.” Alasan dibalik diriku mengutip kalimat tersebut, karena sejatinya gambaran seorang pemimpin di ibaratkan seperti nyala sebuah lilin, yang mampu menerangi serta menghangatkan seisi rumah.

Menjadi seorang pemimpin, bukanlah sekedar posisi yang hanya memerintah maupun mengawasai saja. Pemimpin ialah yang mampu untuk membimbing, membina dan mengembangkan kelebihan dari masyarakatnya. Sehingga, terciptalah sinergi dalam proses pencapaian cita-cita bersama.

Dan tentunya, potret dari seorang pemimpin tersebut sudah dapat kita rasakan hampir 10 tahun lamanya. Di masa kepemimpinan dari seorang Jokowi selama dua periode, negara Indonesia telah mengalami banyak perubahan secara signifikan.

Pesatnya perkembangan infrastruktur sampai ke pelosok negeri pun telah dinikmati oleh masyarakat. Melihat fenomena demikian, tak salah jika seandainya Jokowi mendapat julukan sebagai “Bapak Infrastruktur.”

Dibalik kesuksesan Jokowi saat ini, pastinya juga berkat campur tangan pendukung-pendukung pro Jokowi, yang telah dengan setia menemani jejak langkahnya selama menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Relawan,” itulah karapan yang umumnya dikenal oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. Kali pertama menyebut kata “relawan,” satu hal yang langsung tercetus dalam benakku ialah, ketika mengingat momen dimana bersatunya puluhan ribu simpatisan Jokowi yang bersatu padu terlihat memadati kawasan Gelora Bung Karno di Senayan.

Gemuruh riuh suasana saat itu terdengar memekak kedua telinga. Antusiasme dari barisan pendukung Jokowi yang kala itu kompak mengenakan pakaian serba putih terlihat tumpah ruah menjadi satu.

Menatap fenomena yang membahana itu, sontak membuat bulu romanku bergidik lantaran rasa takjub yang telah membludak direlung hati.

Namun sepertinya, waktu bergulir begitu cepat. Kebungahan hati yang melanda diri membuat kita hampir lupa, jika sejatinya Bapak Infrastruktur ini tak lama lagi akan habis masa baktinya.

Menjelang purna tugas seorang Jokowi, lantas bagaimana dengan barisan pendukungnya? Akankah komunitas yang dahulunya dibentuk demi memenangkan Jokowi akan pensiun begitu saja?

Jawabannya, tak perlu risau maupun khawatir akan hal itu. Sebab, sedari awal para relawan Jokowi ini memang sudah mempatrikan hatinya kepada orang yang tepat. Sehingga, sudah pasti pelabuhannya nanti juga akan jatuh kepada orang yang pantas dalam meneruskan semua perjuangan dari sang empu negeri.

Habisnya masa jabatan Jokowi, tak membuat relawan ini bubar tanpa alasan. Justru, mereka kini semakin erat dalam bergandengan tangan dan kembali menggaungkan semangat persatuan. Mayoritas pendukung Jokowi, telah memantapkan hati serta pikirannya untuk kembali berjuang dan turun ke medan perang.

Karena cinta dan kasih sayang masyarakat terhadap Jokowi masih begitu lekat. Membuat simpatisan Jokowi sepakat akan mendukung sosok yang memiliki pola pikir serta tabiat merakyat layaknya seorang Jokowi.

Ganjar Pranowo, sosok yang teramat tepat untuk meneruskan kiprah yang telah dilakoni oleh seorang Jokowi selama menjabat sebagai Presiden.

Dari sejauh mata memandang, sosok Ganjar memang dinilai memiliki kemiripan dengan Jokowi. Keduanya sama-sama telah lama hidup dalam dunia pemerintahan. Jokowi yang memulai karir politiknya dengan menjadi Wali Kota Solo, kemudian dinaikkan tanggung jawabnya menjadi Gubernur DKI, hingga sampai pada titik tertingginya menjadi seorang Presiden dua periode. Pun dengan Ganjar, yang pertama kali menjabat sebagai anggota DPR RI hingga kemudian dilantik menjadi Gubernur selama dua periode.

Mungkin dahulunya tak ada yang menyangka, jika seorang tukang kayu itu bisa menjadi seorang Presiden. Begitu pula dengan Ganjar, yang notabenenya bukanlah siapa-siapa. Dirinya hanyalah seorang anak polisi dengan jabatan rendah. Namun berkat kekonsistenannya, membuat lelaki berambut putih ini diamanahi tugas besar untuk melayani tuannya (rakyat).

Kendati demikian, tak perlu ditampik lagi jika keduanya telah sama-sama merasakan geliat kehidupan warganya.

Tepat di malam kemarin, diriku kembali dibuat terperangah bukan main. Kedua manikku tiba-tiba saja dibuat meneteskan bulir bening hingga membasahi pipi. Trenyuh hati ini saat mengetahui betapa besarnya semangat dari relawan yang hendak memperjuangkan Ganjar demi memenangkan kontestasi Pilpres tahun depan.

7.000 umat manusia berkumpul dalam satu ruangan, tepatnya di Basket Hall Senayan. Ribuan simpatisan yang hadir itu pun berasal dari 140 organ relawan Jokowi. Perlu digaris bawahi, jika relawan Jokowi bukanlah kelompok kaleng-kaleng yang sekedar ingin banyak dikenal semata.

Melainkan, relawan ini telah terbentuk sedari periode pertama Jokowi menjabat, tepatnya sejak tahun 2014 silam. Relawan inilah yang telah setia mengawal Jokowi dalam mengarungi dua periode Pilpresnya.

“Kekuatan relawan yang sangat dahsyat…” ungkap Ganjar yang saat itu tengah berdiri tegap dan terlihat sedang melayangkan ucapan terima kasihnya pada ribuan relawan Jokowi atas pendeklarasian dirinya.

Ribuan relawan tersebut telah “madep mantep,” (yakin) untuk memperjuangkan Ganjar supaya bisa menjadi pemimpin mereka setelah purna tugasnya seorang Jokowi .

Di mata relawan Jokowi yang saat ini telah resmi mendeklarasikan Ganjar, menilai jika sosok jangkung berambut putih ini memiliki loyalitas tinggi, mempunyai komitmen terhadap masalah-masalah kebangsaan, bertanggung jawab serta pekerja keras.

Mungkin inilah salah satu petunjuk dari argument yang sebelumnya diutarakan oleh Sang Presiden, ketika menghadiri agenda yang bertajuk ”Nusantara Bersatu”. Kala itu, Jokowi mengingatkan supaya masyarakat jangan salah dalam memilih pemimpin. Perawakan berwajah kerut serta berambut putih, menjadi rujukan dari seorang Jokowi.

Dan besar kemungkinan, momen kampanye Jokowi saat di GBK tahun 2019 lalu, akan kembali terulang di 2024. Dimana GBK dipadati oleh puluhan mungkin jutaan umat manusia yang akan meramaikan kampanye Ganjar kelak.

Kita doakan saja, semoga semua harapan, cita-cita serta usaha yang telah ditempuh oleh relawan Jokowi dalam memenangkan Ganjar dapat terlaksana dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar