Survei Fixpoll Capres di Jatim: Ganjar Teratas Dibanding Prabowo dan Anies



Elektabilitas Calon Presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo masih berada di urutan teratas, bila dibandingkan nama lainnya seperti Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan di wilayah Jawa Timur.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Fixpoll Research and Strategic Consulting yang dilakukan pada Mei 2023.

Direktur Eksekutif Fixpoll Mohammad Anas mengatakan bila pada 2024 nanti Pilpres diadakan dengan 3 nama Capres, maka nama Ganjar lebih unggul dengan perolehan 32,1 persen.

“Disusul Prabowo Subianto 31,7 persen dan Anies Baswedan 11,9 persen,” kata Anas, dalam keterangannya, Rabu (31/5/2023).

Namun, lanjut Anas, hasil survei berbeda jika ada 4 pasangan calon yang maju dalam pertarungan di 2024 nanti. Satu nama lainnya yakni Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

"Dalam simulasi 4 kandidat Presiden, Prabowo Subianto menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi 35,8 persen,” kata Anas.

“Di bawah Prabowo, Ganjar dengan elektabilitas sebesar 30,3 persen, diikuti Anies Baswedan 10,5 persen dan Airlangga Hartarto sebesar 3,0 persen,” ucapnya.

Anas menyebutkan, survei tersebut melibatkan 840 responden dengan metode multistage random sampling yang dilakukan pada 9 hingga 16 Mei 2023 di Provinsi Jawa Timur.

“Survei dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan margin of error +/- 3% pada tingkat kepercayaan 95%,” tutupnya.

 

Posting Komentar

0 Komentar