Ciptakan Peluang Kerja, Kurangi Kemiskinan! Ganjar Tekankan Agar Seluruh Pihak Berkomitmen untuk Mempermudah Investasi di Jawa Tengah.


 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar investasi di Jawa Tengah untuk dipermudah.

 

Menurutnya dengan kemudahan investasi memperkuat pertumbuhan yang meningkatkan kesejahteraan rakyat sekaligus menjaga inflasi.

 

"Saya tekanan satu terkait dengan investasi mudahkan, ini menjadi komitmen semuanya dan tidak bisa menunggu. Kita mesti mencari," katanya saat High Level Meeting Keris Jateng 2023 di Semarang, Kamis 16 Februari 2023.

 

Menurut Ganjar Pranowo banyak duta besar yang sangat progresif dalam melakukan investasi.

 

Sehingga daerah-daerah yang memiliki potensi untuk bisa membuka ruang investasi.

 

"Mudah ini termasuk jangan biaya tinggi sehingga integritasnya dijaga jangan ada yang mempersulit, apalagi kalau punya kepentingan biasanya terkait korupsi dan gratifikasi ini juga ada di dunia perizinan," jelasnya.

 

Ganjar Pranowo menambahkan, upaya ini perlu diiringi dengan penyelesaian berbagai tantangan yang menjadi concern investor dan potential buyer.

 

Dengan demikian dapat menciptakan peluang kerja dan mengurangi kemiskinan.

 

Selain investasi, Ganjar Pranowo juga menekankan agar sektor UMKM untuk segera didorong karena banyak kesempatan.

 

"Bagaimana UMKM naik kelas, digitalisasi dilakukan dan BI juga sudah membantu sehingga ini bisa berjalan dengan baik," ungkapnya.

 

Lalu di sektor pertanian, Ganjar mengungkapkan juga dapat didorong melalui mekanisasi, dan investasi pada hilirisasi sektor pertanian.

 

Di sektor pariwisata, Ganjar Pranowo meminta setiap kabupaten kota membuat sesuatu unggulan menarik yang bisa dijual dan bekerjasama dengan lembaga bisnis, swasta dan aktivis pariwisata.

 

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra mengatakan dengan High Level Meeting Keris Jateng 2023 ini bisa menyatukan strategi bagaimana mengembangkan investasi, perdagangan dan pariwisata.

 

Posisi Jawa Tengah sebagai salah satu lumbung pangan Indonesia perlu diperkuat dengan hilirisasi pertanian.

 

Sehingga selain mendorong perkembangan agro industri yang merupakan sektor unggulan Jawa Tengah, juga meningkatkan ketahanan pangan, serta kesejahteraan masyarakat, sekaligus turut menjaga pencapaian inflasi yang stabil.

 

"Dengan tema hilirisasi pertanian karena Jawa Tengah sebagai lumbung pangan nasional sehingga industri yang ada sejalan dengan itu," katanya.

Posting Komentar

0 Komentar