Ganjar adalah Kader PDIP yang Paling Kompetitif Bahkan Suaranya Cenderung Lebih Unggul Dibanding Tokoh Lain Baik di Internal Partai atau di Luar Partai


Terhitung 8 bulan lagi , Pesta Rakyat yakni Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan. Tanggal 14 Februari 2024:sudah ditetapkan oleh KPU sebagai hari dilangsungkan pemungutan suara. Rakyat dipersilahkan untuk memilih wakil anggota dewan ( DPR) dan juga memilih langsung eksekutif ( Presiden).

Pemilu 2024 sudah nyaris di depan mata , dengan melihat batas waktu yang semakin sempit, idealnya diikuti oleh gerak cepat persiapan terutama peserta partai politik untuk menyediakan dan menyiapkan infrastruktur politiknya.

Kebutuhan Urgensi politik secara menyeluruh adalah menyangkut koalisi partai dan juga siapa pasangan capres dan cawapres yang akan diusungnya.

Salah satu partai pemenang pemilu dua kali berturut-turut 2014 dan 2019 yakni PDIP pun sampai saat ini belum deal baik siapa yang diusung capres dan cawapres dan juga apakah PDIP akan sendirian atau berkoalisi dengan partai lain.

Setidaknya di internal PDIP terdapat pihak yang sangat menentukan pencalonan presiden dan wakilnya. Ketua Umum Partai Megawati Soekarnoputri dan Jokowi yang saat ini masih menjabat sebagai Presiden.

Megawati Soekarnoputri mempunyai hak prerogatif menentukan calonnya sementara Jokowi pihak yang sedang menjalani kekuasaan atas nama petugas partai . Jokowi masih punya power badan infrastruktur karena dalam fase jeda dilaksanakan pemilu Jokowi masih pegang kekuasaan.

Pengaruh kekuasaannya tesebut masih dibutuhkan dan berpengaruh terhadap ekosistem politik Indonesia. Jokowi juga masih mempunyai gerbong militan dalam bentuk organ relawan. Pasukan dan penggemar Jokowi masih ada.

Kombinasi Jokowi dan Megawati dalam menentukan pilihan capres dan cawapres dirasakan akan mempengaruhi konstelasi politik nasional. Apa yang menjadi harapan publik publik bisa terjawab cepat oleh kedua tokoh tersebut. PDIP yang saat ini sedang ditunggu adalah siapa yang akan diputuskan untuk dipilih Capres dan cawapresnya di Pemilu 2024.

Urusan Pencapresan 2024 rumit dan pelit, saling menahan , menyandera dan membuka konflik terbuka jika tidak dilakukan mitigasi konflik dan disepakatinya sebuah resolusi jalan tengah.

Di internal PDIP idealnya sudah sepakat Jokowi dan Megawati harus ada dalam satu paket pencapresan. Diakui oleh elite PDIP, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan terang-terangan menyebut bahwa pemimpin Indonesia pada 2024 mendatang harus melanjutkan warisan pemerintahan Jokowi.

Ganjar Pranowo Sebagai Jalan Tengah

Persoalan sangat krusial adalah siapa capres yang menjadi jalan tengah penyelamatan partai, elite partai dan gerbongnya?

Sosok nama Ganjar Pranowo akan menjadi titik akhir kompromi kepentingan bersama , Jokowi dan Megawati. Ganjar Pranowo Sangat identik dan selaras dengan platform kerja Jokowi. Gubernur Jateng ini didaulat bisa meneruskan tradisi politik pemerintahan Pak Jokowi dalam rahim ideologis nasionalis.

Dukungan Ganjar Pranowo sebagai jalan tengah kompromi politik ideal diutarakan oleh Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan satu suara mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024-2029.

Formulasi tersebut sangat ideal terjadi berdasarkan hasil SMRC yang menunjukkan elektabilitas Ganjar kembali naik setelah sebelumnya turun. Diyakini sampai saat ini saya masih punya keyakinan Jokowi dan Mega satu suara untuk (usung) Ganjar.

Portofolio utama Ganjar Pranowo menjadi jalan titik temu adalah Ganjar adalah kader PDIP yang paling potensial atau kompetitif dalam Pilpres kali ini. Demikian kata Saidiman dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023)

Selain itu, dia juga menyatakan ruang untuk Ganjar menaikkan elektabilitas masih cukup besar. Celah ruang dan peluang bagi Ganjar untuk meningkatkan elektabilitas seiring dengan semakin luas awareness publik.

Ganjar adalah kader PDIP yang paling kompetitif bahkan suaranya cenderung lebih unggul dibanding tokoh lain baik di internal partai atau di luar partai. Cita-cita PDIP pasti tidak ingin melepas kesempatan untuk kembali mengusung kadernya menjadi presiden, sekaligus menang hattrick dalam pemilihan Presiden 2024.

Relasi kepentingan Jokowi dan Ganjar Pranowo sangat jelas. Membagi betul saat ini Jokowi sedang memetakan posisi aman dan berkelanjutan jaminan dan kesempatannya serta bagaimana menyelamatkan gerbang saudara dan kroninya dalam proyeksi politik 5- 15 ke depan.

Saat ini sangat jelas jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah sibuk mengamankan kepentingan politik di akhir masa jabatannya. Bagaimana Jokowi membangun komunikasi dengan elite partai dan juga ketua partai yang berpengaruh.

Jokowi sedang tebar pesona dan dukungan. Wajar yang memvonis jika presiden dinilai mencari tempat berlindung jelang Pemilu 2024.

Pada akhirnya manuver Jokowi harus mempertimbangkan kondisi konfigurasi politik riil yang sedang terjadi. Jokowi masih ada dalam bayangan petugas partai, siap disentil dan dipermalukan oleh Megawati selaku ketua partai. Jokowi juga dihadang berbagai isu ideologis dimana dirinya masih kader partai.

Setidaknya akan penuh hati-hati melakukan soft landing politik. Dan karenanya keputusan Jokowi tentang dukungan atau enforcement tidak akan melukai dan saling menghancurkan. Kiranya bidikan tepat kompromi politik yang paling elegan disodorkan oleh Jokowi adalah menyamakan frekwensi politiknya dengan Megawati.

Posting Komentar

0 Komentar