Ganjar Pranowo: Soal Diusung atau Tidak oleh PDIP sebagai Capres 2024, Itu Urusan Bu Mega!!!


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo enggan berkomentar banyak soal calon presiden (capres) yang akan diusung partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Ganjar yang punya elektabilitas tinggi di berbagai survei tak ambil pusing bila tak diusung PDIP sebagai capres.

"Urusannya PDI Perjuangan, udah itu nanti urusannya Bu Mega (Ketua Umum Megawati Soekarnoputri)," kata Ganjar di acara Rakornas Kepala Daerah dan FKPD seluruh Indonesia di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Selasa, 17 Januari 2022.

Ganjar juga enggan berkomentar soal pandangan beberapa pengamat yang menyebut PDIP lebih realistis untuk mengusung dirinya sebagai capres 2024, ketimbang Ketua DPR Puan Maharani. "Semua orang bisa menilai," kata dia

Sebelumnya, Megawati sudah menegaskan bahwa urusan pencalonan presiden di partai sepenuhnya menjadi kewenangan dia sebagai ketua umum. Mega mengatakan dirinya telah diberi mandat oleh kongres sebagai forum tertinggi partai untuk menetapkan capres dari partai banteng.

"Saya ketum terpilih di kongres partai sebagai institusi tertinggi partai, maka oleh kongres partai diberikanlah ketum terpilih hak prerogratif siapa yang akan dicalonkan," kata Mega saat perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa kemarin, 10 Januari 2023.

Di sisi lain, Ganjar berkomentar banyak soal stabilitas politik di Jawa Tengah menjelang Pemilu 2024. Sebab dalam acara ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan semua kepala daerah untuk menjaga stabilitas politik dan mencegah agar masyarakat tidak jadi korban politik identitas.

"Alhamdulillah sih bagus ya so far, bagus, butuh komunikasi, butuh sosialisasi terus menerus," kata dia.

Ia juga menyarankan agar partai-partai politik juga perlu menjaga stabilitas politik. "Sering-sering ngobrol, sering-sering ngopi, sehingga tidak baperan (bawa perasaan) nanti, sehingga menuju 2024 harapannya semua sudah siap. Kan kita sudah memainkan peran masing-masing peran berpolitik sudah lama pascareformasi. Mestinya kita sudah naik kelas-lah, sudah dewasa," kata Ganjar.
 

Posting Komentar

0 Komentar