Selain Menggalakkan Penghijauan, Ganjar Bahkan Usulkan Modifikasi Cuaca untuk Atasi Banjir di Jawa Tengah!!!


Sejumlah daerah di Solo Raya sempat terendam banjir karena intensitas hujan yang tinggi dan meluapnya Bengawan Solo. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan akan melakukan penataan sungai terutama di aliran Bengawan Solo sampai ke hulu.

Selain di Solo Raya, Ganjar juga menyebut harus ada penyelesaian persoalan banjir di Semarang dan Kabupaten Semarang.

"Udah kering to (kan). Ya berikutnya mesti betul penataan sampai hulunya, termasuk di Semarang dan Kabupaten Semarang," kata Ganjar.

Ganjar juga meminta penghijauan digalakkan. Pihaknya juga akan mengajukan modifikasi cuaca.

"Ya penghijauan, Ya kita mitigasi sungainya kemarin kita kerja sama dengan BBWS juga ya dan itu tidak hanya yang ada di Solo tapi juga Semarang. Rekayasa (teknik rekayasa cuaca) kemarin di modifikasi cuaca mau diajukan lagi," tuturnya.

Ganjar mengungkapkan harus ada mitigasi bencana terutama pada hulunya. Ia menyebut banyak hulu sungai yang bermasalah terutama pada sedimentasi.

"Karena banyak yang di hulu yang bermasalah, kalau kita tidak selesaikan di hulu ya berat. Pengendalian tata ruang harus ketat, pengelolaan alur sungai termasuk sedimentasi macam-macam harus kita bereskan dan mengkonservasi di sisi hulunya,"ucapnya.

Posting Komentar

0 Komentar