Hoaks Lagi...!!! Beredar Video Ganjar Pranowo Dipecat dari PDIP dan Gagal Nyapres


Beredar video di Facebook, yang mengabarkan Ganjar Pranowo dicopot sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Disebutkan pula, jika pemecatan Ganjar membuat dirinya gagal maju sebagai bakal capres 2024.

"N4sib G4njar divjung t4nduk, g4gal ny4pres dic0pot pul4 dari k4der p-dip," narasi video yang diunggah di Facebook, 21 Maret 2023.

Sedangkan di awal video, menampilkan gambar Ganjar yang menggunakan baju kotak-kotak dengan jas berwarna merah. Sedangkan disisi kiri dan kanannya terdapat foto Megawati dan Djarot, yang seolah-olah sedang melepaskan jas yang dipakai Ganjar.

Cek fakta, melakukan penelusuran dengan mengunggah foto Ganjar di awal video ke situs Google Images dan Yandex. Hasilnya, foto yang beredar merupakan hasil editan.

Foto aslinya merupakan foto Megawati saat pakaikan jas merah ke Ahok usai daftar ke KPU untuk Pilgub DKI Jakarta 2016. Djarot juga turut membantu Mega mengenakan jaket merah ke Ahok.

Foto itu identik dengan berita foto merdeka.com berjudul "Momen Megawati saat pakaikan jas merah ke Ahok usai daftar ke KPU," 21 September 2016 silam.



"Megawati Soekarnoputri mengenakan jas merah ke Ahok saat mengantarkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta, Rabu (20/9)." keterangan dalam foto.

Sedangkan di awal video, menampilkan Ahmad Basarah yang sedang menyampaikan pernyataan terkait PDIP akan memecat langsung kader partai yang terkena operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bila bukti hukum yang menjerat kadernya cukup, partai berlambang Banteng itu tak akan memberikan bantuan hukum. Video itu identik diunggah YouTube CNN Indonesia.

Sedangkan narasi dalam video, berasal dari situs berita suara.com, terkait dugaan korupsi yang melibatkan politikus kembali mencuat. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku mendapat petunjuk dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Petunjuk itu merupakan adanya dugaan aliran dana yang mengalir ke anggota partai politik dengan nilai yang fantastis, yakni mencapai Rp1 triliun. Mengenai aliran dana tersebut, PPATK sebelumnya menyebut uang itu merupakan hasil kejahatan lingkungan.

Adapun uang itu mengalir ke anggota partai politik dalam rangka untuk persiapan pembiayaan Pemilu 2024. Meski demikian, hingga kini belum diketahui pasti anggota partai politik mana yang menerima aliran dana tersebut.

Sehingga, keseluruhan narasi video tidak ada kaitannya dengan pemecatan Ganjar Prabowo Sebagai kader PDIP. Narasi dalam video membahas terkait dugaan aliran dana korupsi yang mengalir ke anggota partai politik.

kembali melakukan penelusuran dengan memasukan kata kunci "Ganjar dipecat jadi kader pdip" ke Google Search.

Hasilnya tidak ditemukan informasi dari situs berita nasional yang memberitakan pemecatan Ganjar. Sampai saat ini Ganjar masih menjadi kader PDIP.

Terkait capres yang akan diusung PDIP, Ganjar mengaku bahwa urusan siapa yang akan diusung PDIP merupakan hak dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri

Posting Komentar

0 Komentar