PDIP Tak Hiraukan Survey Matchmaker yang Sandingkan Ganjar sebagai Cawapres Prabowo: Pokoknya Capres Kader Internal, Harga Mati!!!


Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas pasangan capres-cawapres favorit di hasil sementara The Matchmaker 2024. PDIP mengatakan hasil survei itu menarik untuk dicermati sebagai masukan dalam keputusan.


"Hasil-hasil survei dan simulasi menarik untuk dicermati. Tapi fungsinya tetap sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan akhir. Jadi, tidak menjadi determinan utama," kata politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno saat dihubungi, Selasa (28/3/2023).

PDIP, kata Hendrawan, saat ini masih menunggu keputusan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait sosok calon presiden dari PDIP. Hendrawan memastikan capres PDIP berasal dari internal.

"PDIP menunggu putusan Ketua Umum sesuai amanat Kongres dan Ketentuan dalam AD/ART. Bila disimak dari pidato saat HUT, yang akan dipilih (capres) dan dicalonkan adalah kader internal," ungkap Hendrawan.

Hendrawan mengatakan kader PDIP akan meneruskan karakter kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Dia menegaskan partainya tidak akan memilih sosok capres dari partai lain.

"Betul (bukan kader partai lain). Kader tersebut yang akan meneruskan karakter kepemimpinan yang sudah dimulai oleh Bung Karno, Bu Mega, dan Pak Jokowi," tutur Hendrawan.

Seperti diketahui, The Matchmaker hadir untuk menampung aspirasi publik soal siapa figur-figur yang cocok berpasangan di Pilpres 2024. The Matchmaker adalah program eksklusif yang diinisiasi detikcom dalam rangka menyambut Pemilu 2024. Program ini mengajak detikers untuk memilih dan menjodohkan tokoh-tokoh yang dinilai cocok untuk menjadi pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

Tahap pertama The Matchmaker yaitu tahap menjodohkan telah berlangsung pada 1 Desember 2022-9 Februari 2023 dan menghasilkan 5 besar pasangan capres-cawapres yang paling banyak diusulkan detikers.

Kini, The Matchmaker memasuki tahap kedua, yaitu tahapan detikers bisa memilih pasangan favorit untuk menjadi capres-cawapres dari 5 besar tahap sebelumnya. Jika ada nama tokoh yang ingin dipilih tapi tidak ada di daftar, detikers bisa menulis nama tokoh yang diinginkan.

Selama 20 Februari-27 Maret 2023, sudah ada 8.580 votes yang masuk ke The Matchmaker. Posisi pertama dan kedua belum berubah yaitu Prabowo-Ganjar dan Ganjar-Erick. Muncul satu nama baru di posisi ketiga yaitu Prabowo-Anies.

Berikut hasil Sementara The Matchmaker 20 Februari-27 Maret 2023

1. Prabowo Subianto & Ganjar Pranowo: 2.992

2. Ganjar Pranowo & Erick Thohir: 2.460

3. Prabowo Subianto & Anies Baswedan: 1,267

4. Ganjar Pranowo & Ridwan Kamil: 1.173

5. Anies Baswedan & Agus Harimurti Yudhoyono: 372

Posting Komentar

0 Komentar