Ganjar Selalu Bawa Kedamaian! Ajak Relawan di Palembang Jaga Adab dan Tak Saling Bully


Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden (bacapres) usungan PDIP, Ganjar Pranowo, mengajak para relawan untuk menjaga adab. Ganjar juga meminta para relawan tak saling bully.

Hal itu disampaikan Ganjar saat melakukan pertemuan bersama para tokoh adat dan tokoh agama di Main Dining Hall, Kompleks GOR Jakabaring, Palembang, Sumsel, Sabtu (20/5/2023). Mulanya, Ganjar bicara soal dunia digital yang marak dengan hoax dan bully.

"Kalau hari ini di dunia digital kemudian banyak orang main hoax, main bully, rasa-rasanya kok bukan budaya kita ya, karena kita belajar dari adab. Maka banyak sekali para relawan kelompok 'Pak Ganjar kita dukung', ya sabar. Satu, tetap jaga adab dan jangan mem-bully," kata Ganjar saat sambutan.

Ganjar mencontohkan para relawan dapat mencontoh tokoh ulama Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus dan Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. Ganjar mengaku kaget saat tahu Gus Baha tak memiliki media sosial di zaman yang serba digital ini.

"Ngobrol berdua, ternyata Gus Baha itu tidak punya akun sendiri. Siapa yang mengelola? Ya santri, ya orang lain yang mereka senang," ungkap Ganjar.

"Bahkan dengan gaya yang sangat asyik, sangat enak sehingga menunjukkan agama dengan konteks Islam banget, itu ditunjukkan dengan enak, semua senang mendengarkan, semua ada solusi, tidak ada ungkap-ungkapan kemarahan itu," lanjutnya.

Menurut Ganjar, kedua tokoh itu memberikan banyak contoh baik dalam menjaga nilai-nilai ke-Islaman. Selain itu, keduanya juga memberikan contoh dalam menjaga kerukunan.

"Ada banyak cerita yang bisa diberikan dengan nilai-nilai ke-Indonesiaan kita nila-nilai kenusantaraan kita, yang kemudian menjadi inspirasi kebaikan," kata Ganjar.

Dalam acara itu, hadir pula Sultan Yang Mulia Beby Sri Mardiana Putri Sriwijaya selaku ketua pelaksana acara. Kemudian Yang Mulia Pangeran Suryo Vebri Al Lintani, Yang Mulia Raden Heri Mastari, keluarga besar Kesultanan Palembang Darussalam, dan sejumlah tokoh lainnya.

Untuk diketahui, Ganjar melakukan kunjungan politik ke Palembang, Sulsel. Ganjar dan rombongan dijadwalkan kembali bertolak ke Jakarta malam ini.

Posting Komentar

0 Komentar