Peringati 20 Tahun Kerja Sama Jateng-China, Ganjar akan Dongkrak Ekonomi Jateng Melalui Peningkatan Implementasi Kerjasama Salah Satunya Investasi Terkait Pembangunan Pabrik Energi di Kawasan Industri Batang


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Perwakilan Provinsi Fujian sekaligus Sekretaris Partai Komunis (CPC) Provinsi Fujian, Zhou Zuyi merayakan 20 terjalinnya hubungan antara kedua provinsi. Dalam kegiatan ini, keduanya menandatangani peningkatan implementasi kerja sama, salah satunya investasi terkait pembangunan pabrik energi di Kawasan Industri Batang.

"Kami senang karena 20 tahun kerja sama antara Jawa Tengah dengan Fujian berjalan bagus dan cukup produktif. Investasi berjalan, perdagangan berjalan, ekspor impor berjalan dan kita juga kerja sama pendidikan berjalan bagus," jelas Ganjar dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5/2023).

"Kita ingin kembangkan lagi, kita tarik beberapa investor ini sudah masuk kurang lebih 200 hektare lahan yang dibutuhkan di Kawasan Industri Batang, sudah confirm, tadi sudah tanda tangan mereka investasi di sini, konsorsium sudah dibuat," sambungnya.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, Ganjar memastikan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pabrik yang bakal dibangun di atas lahan 200 hektare di Batang itu menyerap tenaga kerja lokal. Total dibutuhkan 10 ribu tenaga kerja dengan keahlian dan spesialisasi berbeda-beda.

Untuk melancarkan kerja sama tersebut, Ganjar berkomitmen memberikan pendampingan dan pelatihan kepada bakal calon tenaga kerja. Sehingga tenaga kerja lokal menjadi lebih unggul dan lebih berkualitas.

"Kira-kira nanti akan butuh tenaga kerja minimal 10 ribu dan dia sudah punya komitmen semua (pekerja) dari lokal, tugas kita menyiapkan tenaga kerja lokal ini untuk bisa masuk pada posisi itu," ucap Ganjar.

Ganjar mengungkapkan pihaknya ingin tenaga kerja yang bekerja di perusahaan asing tidak hanya mengisi posisi pekerja kasar saja. Tapi juga dapat mengisi posisi middle dan upper.


Posting Komentar

0 Komentar