Jalin Kerja Sama Budaya, Ganjar: Solo Pusat Budaya-Bali Benteng Budaya


Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menuturkan kerja sama budaya antara Bali dan Jawa harus terjalin. Sebab, menurut Ganjar, Proklamator Soekarno pernah menyampaikan Indonesia mesti memiliki kekuatan untuk menjaga budaya Nusantara sekaligus mengembangkannya.

"Maka kita punya kekuatan untuk bisa berkepribadian dalam kebudayaan," kata Ganjar dalam sambutannya di acara bertajuk "Temu Budaya Jawa-Bali Untuk Indonesia Raya" di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar, Jumat (16/6/2023).

Jika tidak pernah mengembangkan dan mencintai, kata Ganjar, bisa saja budaya Nusantara akan ditekan oleh kekuatan luar. "Ya roots-nya (akarnya) kita semua sama," tegasnya.

Bagi Ganjar, Bali sangat istimewa dan selalu menarik. Ia menyebut ketika orang-orang ke Bali pasti akan tertarik dengan budayanya. Bahkan, ia mengaku budaya Bali begitu kuat sehingga setiap orang harus mengikuti peraturan di Pulau Dewata.

"Ini mesti kita akui bersama Bapak/Ibu, Bali ini juga salah tempat di Indonesia menjadi bentengnya budaya. Bentengnya ada di sini," imbuhnya.

Ganjar mengatakan pertemuan hari ini begitu penting. Ia dan Gubernur Bali Wayan Koster juga sudah berdiskusi untuk mengimbau para budayawan dari Jawa Tengah dan Bali untuk mereka berinteraksi mengembangkan budaya.

Selain itu, Ganjar menyebut Solo, Jawa Tengah, juga tengah berupaya untuk menjadi pusat budaya. "Sama, kami mencoba di Jawa Tengah, Solo sebagai epicenter budaya juga," ujarnya.

"Alhamdulilah, masih bisa melihat, dan teman-teman masih bisa mengelola itu dengan baik. Bahkan juga kami kembangkan kembali. Mulai dari pakaian adat," tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar