Tsamara Amany Dukung Ganjar di Pilpres 2024: Bisa Buat RI Makin Maju


Politikus muda Tsamara Amany telah menyatakan dukungannya terhadap bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Tsamara meyakini sosok Ganjar dapat melanjutkan perubahan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus menawarkan pembaruan.

Hal itu disampaikan Tsamara dalam diskusi yang digelar di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, pada Selasa (27/6/2023) malam. Penggagas gerakan LARI (Langkah Anak Muda Republik Indonesia) itu awalnya menyampaikan perubahan yang dilakukan Jokowi selama nyaris 10 tahun menjabat sebagai Presiden RI itu nyata. Karena itu, saat ini dibutuhkan pemimpin yang bisa melanjutkan kerja nyata tersebut.

"Gue adalah orang yang sangat percaya bahwa seperti yang Pangeran bilang, perubahan tuh sudah dilakukan dari 2014. Dengan segala kekurangan pemerintahan Pak Jokowi, perubahan-perubahan yang dilakukan beliau itu riil dan nyata dan dirasakan oleh banyak orang. Tapi kita butuh orang yang satu bisa melanjutkan perubahan dan juga menawarkan kebaruan," kata Tsamara.

Tsamara mengatakan aspek kebaruan tetap dibutuhkan oleh seorang pemimpin untuk menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Sebagai contoh, persoalan lapangan pekerjaan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya para kaum muda.

"Jadi kita butuh orang yang bisa membuat Indonesia itu makin maju dan semakin maju. Tapi kita butuh orang yang menawarkan warna-warna baru di dalam pemerintahan yang ada dan kenapa menurut kami Ganjar bisa menawarkan kebaruan itu? Karena beliau sudah jelas punya, terhadap persoalan-persoalan baru yang tadi ditanyakan apa concern anak muda, masalah lapangan pekerjaan, masalah masa depan kita gimana, masalah stabilitas ekonomi, itu adalah persoalan-persoalan yang baru," ucapnya.

Mantan politikus PSI itu menilai kemajuan zaman justru bisa berdampak di sektor lainnya. Misalnya keberadaan robot pintar (AI) yang bisa memangkas jumlah tenaga kerja. Karena itu, dia memandang dibutuhkan sosok pemimpin yang bisa menawarkan solusi dan pemikiran baru seperti Ganjar.

"Kenapa? ya 5-10 tahun lalu orang nggak mikir AI, orang nggak mikir gue script writer kira-kira bisa survive nggak ya di mana depan? Gue jadi sekretaris nih, bisa survive nggak gue? Orang nggak mikir gitu. Tantangan yang dihadapi hari ini adalah tantangan baru dan membutuhkan orang yang punya pemikiran baru yang bisa menawarkan solusi kebaruan sembari melanjutkan perubahan yang sudah ada," ucapnya.

"Dan orang itu, yang punya perspektif baru karena dia juga bukan orang yang berada di pemerintahan tapi secara bersamaan dengan orang yang dekat dengan pemerintahan itu, ya Ganjar Pranowo," tambahnya.

Sementara itu, inisiator Gerakan LARI lainnya, Pangeran Siahaan, menilai setiap pemimpin pasti menawarkan gagasan yang baik. Kendati begitu, gagasan yang ditawarkan mesti bisa menyesuaikan perkembangan zaman.

"Saya pikir tokoh pemimpin kita selalu punya gagasan bagus. Tapi yang manakah yang paling relevan membawa kita ke masa depan, membawa Indonesia ini naik kelas ke level berikutnya," kata Pangeran.

Dia meyakini Ganjar merupakan pemimpin yang relevan di masa depan yang bisa membawa Indonesia menjadi negara berdaulat.

"Kenapa kita percaya sebenernya Pak Ganjar orang terbaik di masa depan. Sekaligus membawa Indonesia menjadi negara berdaulat. Sesuatu udah dimulai oleh Pak Jokowi sejak 2014. Kalau ada yang bisa menggaungkan soal perubahan, lho perubahan itu udah dimulai kok 2014," imbuhnya.

Posting Komentar

0 Komentar