Ganjar Pranowo Punya Program Sekolah Virtual, Sudah Diterpakan di Jawa Tengah!!!


Ganjar Pranowo memang memiliki pemikiran maju ke depan, sebab program-program yang dibuatnya sangat bermanfaat bagi orang banyak. Ya, sekolah virtual, program yang satu ini memang menjadi idaman bagi mereka yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan lagi. Tidak peduli tua, muda, semua bisa ikut bergabung. 

Program tersebut memang diinisiasi Ganjar untuk mewujudkan pendidikan yang merata agar mereka punya masa depan yang lebih baik.

Menariknya, sekolah ini menerapkan belajar mengajar yang fleksibel. Jadwalnya pun bisa disesuaikan supaya tidak mengganggu aktivitas utama para siswa yang kebanyakan sudah bekerja.

Ganjar mengatakan, ide awal penerapan Kelas Virtual berawal dari lulusan jenjang SMP yang tak bisa meneruskan sekolah karena biaya. Bahkan, ada beberapa di antara mereka yang bekerja sebagai buruh.

“Konsepnya, agar anak dapat kesempatan belajar. Bahkan tadi ada yang boro (pekerja di luar kota) tetapi mereka tetap ingin sekolah, sehingga kita bikin kelas virtual. Agar aksesibilitasnya lebih nyaman, kita dampingi dan bantu,” ujarnya.

Melalui aplikasi temu daring, Ganjar juga meminta peserta didik virtual tekun belajar, meski terhimpit ekonomi. Untuk proses pembelajaran, mereka didampingi dari sekolah terdekat dari area tinggal. 

Jika membuahkan hasil yang bagus, ke depan Pemprov Jateng akan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dan perluasan jangkauan kelas virtual.

Rintisan kelas virtual telah diluncurkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 13 Oktober 2020 lalu itu telah diterapkan di SMAN 1 Kemusu Boyolali dan SMAN 3 Brebes. Kedua sekolah pengampu itu masing-masing tercatat 36 siswa dalam satu rombongan belajar.

Siswa juga diberi fasilitas handphone, kuota data, dan beasiswa. Tentu saja ini merupakan angin segar, secercah harapan bagi anak-anak yang putus sekolah karena alasan biaya.

Posting Komentar

0 Komentar