Mak! Siapa Sangka, Program 5Ng Milik Ganjar Berhasil Turunkan Angka Stunting Jawa Tengah Hingga 51 Persen


Kerja keras Ganjar Pranowo selama 4 tahun terakhir kini berhasil membawa dampak bagi penurunan angka stunting di Jawa Tengah. Kendati belum sempurna, setidaknya angka stunting di Jateng turun drastis dan berkurang hingga 51 persen. 

Berdasarkan perhitungan elektronik, Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM), pada 2018 stunting di Jateng berada di angka 24,4 persen.

Namun setahun kemudian pada 2019 turun menjadi 18,3 persen. Persentase tersebut terus menurun, seiring berjalannya waktu.

Pada 2020 kasus stunting turun menjadi 14,5 persen, kemudian pada 2021 turun menjadi 12,8 persen, dan terakhir pada 2022 di angka 11,9 persen.

Usut punya usut, ternyata keberhasilan Ganjar tak terlepas  dari program andalan miliknya 'Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng atau 5Ng' yang diluncurkan sejak 2016 silam. 

5Ng merupakan program sistematis dan terpadu, untuk memantau kesehatan ibu hamil, sejak awal kehamilan hingga perawatan bayi.

Tujuannya agar ibu dan bayi mendapatkan akses kesehatan secara optimal, sehingga ibu selamat dan bayi sehat.

Ganjar Pranowo menuturkan, Pemprov Jateng dan BKKBN telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang tersebar di 35 kabupaten/kota, 576 kecamatan, dan 8.562 desa/ kelurahan.

“Di lapangan nanti kami intervensi dari masing-masing stakeholder. Misal dari Dinkes memberikan makanan tambahan, obat penambah darah. Bisa juga dari DPU terkait dengan jambanisasi, akses air bersih,” kata Ganjar

Posting Komentar

0 Komentar