Atasi Kemiskinan di Jateng, Ganjar telah Lahirkan Program Hetero Space untuk Mewadahi Anak Muda Agar Berkreasi dan Kembangkan Bisnis!!!


Keberadaan Hetero Space ibarat Kawah Candradimuka bagi anak-anak muda di Jateng. Mereka yang nyemplung di sini, digadang-gadang lahir menjadi pemuda tangguh yang mampu menjawab tantangan-tangan bisnis ke depan.

Ganjar Pranowo melahirkan Hetero Space untuk mematangkan potensi kreativitas anak-anak muda. Inovasi ini merupakan wadah bagi pengusaha untuk berkreasi dan mengembangkan usaha.

Di tempat ini, mereka bisa kerja sama, berbagi ilmu dan jaringan untuk sama-sama memperluas usaha. Misalnya pelaku UMKM bisa kerja bareng dengan tenaga IT untuk membuatkan e-commerce. Atau ahli coding yang butuh ide-ide segar tentang tampilan aplikasi dari desainer.

Ekosistem ini pun menguntungkan menjadi ruang tumbuh pelaku bisnis karena saling berbagi. Ada yang punya ide, ada yang mengeksekusi. Usaha rintisan yang belum memiliki kantor sendiri juga bisa memanfaatkan tempat ini.

Semula, Hetero Space didirikan Ganjar di Semarang dan Solo. Kemudian agar manfaat program ini juga bisa dirasakan menyeluruh, Ganjar kembali meresmikan di Banyumas pada Jumat, 16 Desember 2022.

Hetero Space di Banyumas itu sendiri menempati bangunan eks Bakorwil III. Ada beragam fasilitas ruangan yang disediakan, seperti Komunal Area, Private Office, Meeting Room, Refreshing Room, Galeri UMKM, Studio, Front Desk, Team Space, Maker Space Packaging hingga Lapangan Basket.

Wajar bila begitu dibuka, Hetero Space ini langsung disambut antusias pelaku UMKM, pekerja kreatif, hingga usahawan digital.

Salah satunya adalah Eko Prasetyo. Ia merupakan mahasiswa di Purwokerto yang menjalankan bisnis digital. Sebelumnya, ia pernah mencicipi manfaat Hetero Space di Semarang. Sekarnag ia pun tidak perlu menempuh jarak ratusan kilometer untuk mengembangkan bisnis digitalnya.

“September lalu, saya ikut Hetero Boot Camp di Semarang yang bekerja sama dengan Asumsi. Nah, manfaatnya sehingga kami dari tegallearningcenter, bisa lolos 10 besar inovator terbaik Kemenpora,” ujar Eko, dikutip dari Tribunnews.

Memang Hetero Space juga sarat edukasi. Tidak sedikit agenda-agenda edukatif yang digelar. Seperti kelas bisnis layak, sinergi usaha, melipatgandakan omzet, pengelolaan finansial, atau workshop lain yang berkaitan dengan pengembangan wirausaha.

Dari kelas-kelas yang diampu pebisnis senior ini, anak-anak muda bisa banyak belajar. Mentor yang dihadirkan juga profesional di bidangnya. Mereka akan membagikan ilmu dan mengarahkan anak-anak muda melangkah.

Keberadaan Hetero Space pun layak diberi julukan ‘Kawah Candradimuka’ bagi anak-anak muda di Jateng. Mereka yang nyemplung di sini, digadang-gadang lahir menjadi pemuda tangguh yang mampu menjawab tantangan-tangan bisnis ke depan.

Pebisnis sukses perlu ditempa. Hetero Space menjadi paron bagi perintis bisnis. Dengan fasilitas dan ekosistem yang disediakan co-working space ini, pemuda yang dulu biasa saja, punya kesempatan menyandang predikat juragan top.

Keseriusan Ganjar dalam mengembangkan pelaku usaha memang terlihat dari program-programnya. Selain Hetero Space, juga ada Lapak Ganjar yang telah berkontribusi pada pemasaran produk UMKM. Di samping itu, Pemprov Jateng di bawah komando Ganjar, juga membuka akses permodalan seluas-luasnya.

Posting Komentar

0 Komentar