Ganjar Peduli Petani!!! Faktanya, Jateng Kini Miliki 108 Daerah Irigasi Guna Mendorong Peningkatan Produksi Padi.


 

Siapa bilang Ganjar Pranowo tak peduli terhadap petani? faktanya selama pimpin Pemprov Jawa Tengah Ganjar telah berhasil menciptakan banyak waduk untuk irigasi guna mendorong panen yang lebih produktif bagi para petani.

Ganjar di sejumlah kesempatan meminta jajarannya untuk bahu-membahu membantu memenuhi infrastruktur dasar pertanian, termasuk memaksimalkan peran penyuluh.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Jawa Tengah Eko Yunianto, sebanyak 108 Daerah Irigasi (DI) di Jawa Tengah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi saat ini dalam kondisi bagus.

"Itu setara 82,6 persen dari total jumlah irigasi yang memasok air untuk 1,70 juta lahan pertanian," ungkap Eko.

Berdasarkan data yang ada, kata Eko, kondisi itu lebih baik dibandingkan sebelumnya. Pada 2013, kondisi jaringan irigasi yang dalam kondisi baik hanya 72 persen. Dengan begitu, selama periode 2013-2021 terjadi kenaikan 10,60 persen.

Lantaran irigasi terpelihara dengan baik, pasokan air ke petani terjamin. Dalam hitung-hitungan Eko, jika diasumsikan masing-masing petani punya seperempat hektare lahan, maka ada sekitar 347.500 kepala keluarga petani terbantu pengairan lahannya.

Terjaganya pasokan air adalah salah satu faktor penting untuk peningkatan produksi padi. Ini terbukti ketika pada 2019, Jawa Tengah menjadi provinsi dengan tingkat produksi beras tertinggi di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar