HOAKS!!! Megawati Usung Gibran-Ganjar di Pilpres 2024!!!


Sebuah video Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka bersama Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024 mendatang.

Video diunggah di Facebook pada 14 Januari 2023, bernarasi: "SAH! MEGA USUNG GIBRAN-GANJAR 2024, KEPUTUSAN PDIP BIKIN LAWAN POLITIK KETAR-KETIR".

Di awal video berupa foto Ganjar sedang bersalaman dengan seseorang berwajah Gibran. Terlihat juga Megawati dan Puan Maharani, dengan tulisan: "Sah, Duet Maut Gibran-Ganjar Keputusan Mega Bikin Lawan Politik Ketar-Ketir"

Penelusuran

Penelusuran cek fakta, dengan mengunggah foto Ganjar sedang bersalaman dengan seseorang berwajah Gibran dalam sampul video ke situl Google Images. Hasilnya foto tersebut sudah diedit.

Foto aslinya, Ganjar sedang berjabat tangan dengan Presiden Jokowi. Foto tersebut seperti diunggah situs Antara Foto berjudul "PENYERAHAN DIPA DAN DAFTAR ALOKASI TRANSFER DAERAH" pada 14 November 2019 silam.

Sedangkan video diawal menampilkan Presiden Jokowi seperti sedang orasi di depan banyak orang, identik dengan yang diunggah YouTube Kompas TV berjudul "Jokowi ke Relawan Soal Ciri Pemimpin: Lihat Rambutnya, Kalau Putih Semua Ini Mikir Rakyat!" pada 26 November 2022.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri belum mengumumkan siapa capres-cawapres yang akan diusung partainya untuk Pilpres 2024. Mega menegaskan kembali hak prerogatif sebagai ketua umum untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden. Dia menjamin kepada kader PDIP bahwa tokoh yang dipilih merupakan orang yang tepat.

"Urusan calonnya itu adalah hak ketua umum. Pokok e enggak mungkin ibu jebloskan kalian ke sumur," katanya dalam pidato HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1).

Posting Komentar

0 Komentar